"selamat datang di blog saya yang sangat sederhana ini :D "

Senin, 04 April 2011

Hati-hati Paypal anda di Hack!

Tampaknya mulai sekarang anda harus lebih berhati-hati dalam menjalankan bisnis online, khususnya bagi anda yang sudah memiliki account paypal dan menerima pembayaran dari paypal juga. Tepat pada hari kemarin saat gw membuka email, ada sebuah email yang masuk dan judulnya pun bisa dibilang sangat mengejutkan yaitu "Your Account Has Been Temporarily Blocked" from Paypal Security Advisor.

Haaa??
Tentu saja gw kaget banget saat lihat judul yang satu ini.. Gimana engga, paypal yang gw gunakan sebagai penampung recehan dari online kok tiba-tiba diblock tanpa ada keterangan ataupun peringatan sebelumnya..?

Nah setelah gw baca isi dari email itu, ternyata kita disuruh untuk login ke paypal kita dari link yang diberikan didalam email tersebut untuk mengaktifkan kembali account paypal milik kita...

Berikut ini sobat isi suratnya :


Nah sobat jika kita mengklik link tersebut, maka kita akan dibawa ke login paypal yang ternyata merupakan login palsu atau fake login! seperti gambar dibawah :


Wow... sangat berbahaya.. karena si pembuat fake login ini bisa mendapatkan akses ke account paypal anda jika anda sudah memasukkan email address dan password ke fake login ini...

Nah sobat bagi anda yang belum terkena kasus seperti ini, ada beberapa hal yang bisa gw share supaya anda ngga terkena hal yang satu ini.

1 >> Jika anda menerima surat semacam ini coba buka dan lihat email pengirim dan email tujuan. Jika anda lihat isi surat diatas, maka anda sudah bisa melihat bahwa email ini adalah palsu! Loohh?? Tahu darimana?? Yang Pertama, email pengirim tidak bisa dipercaya, karena email dari paypal selalu berakhiran @paypal.com. Yang Kedua, email tujuan tidak ada, menandakan sang pengirim email mengirimkan melalui bcc dimana kolom to dan cc tidak diisi sehingga email tujuan tidak terlihat.

2 >> Jika hal diatas sudah jelas terbukti maka segera hapus email yang satu ini, karena bisa jadi suatu saat anda masuk tanpa sengaja ke account paypal anda melalui email ini.

Nah cukup sederhana untuk mengatasinya, tapi perlu diingat kembali bahwa semakin canggihnya teknologi akan menyebabkan penyamaran akan semakin sulit untuk dideteksi, jadi jika anda menerima email serupa dan tidak tahu apakah itu asli atau tidak maka coba tanyakan kepada teman anda yang mengerti atau juga bisa dengan mengirimkan email ke support dari layanan yang anda pakai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebuah catatan kecil

"hidup berawal dari mimpi, karna, berawal dari mimpi kita dapat mengubah dunia kita, so don't stop get your dream "

Personalize Social Messages - Sciweavers