"selamat datang di blog saya yang sangat sederhana ini :D "

Selasa, 05 Januari 2016

Tugas 3 Etika dan Profesionalisme TSI ATA 2014/2015 Kelas 4KA09, 28, 29


Apa yang dimaksud dengan IT Forensik dan apa kegunaan dari IT Forensik tersebut?
Forensik komputer dan forensik digital adalah cabang ilmu forensik. Forensik IT meliputi penyelidikan transaksi mencurigakan yang terkait dengan sistem IT dan temuan fakta dan pelaku melalui pengumpulan, analisis dan evaluasi jejak digital. Sementara itu, penyelidikan sistem komputer dalam arti analisis substantif informasi yang tersimpan di sana juga didirikan dalam konteks "tradisional" kejahatan, tetapi juga untuk tujuan Kepolisian Pajak.

Jelaskan contoh kasus yang berkaitan dengan bidang apa saja yang dapat dibuktikan dengan IT Forensik!
MEMBONGKAR KORUPSI DAN FRAUDCoba copy satu file microsoft word anda dari satu folder ke folder yang lain. Kemudian klik kanan dan bandingkan ‘properties’ di masing-masing file.Kalau kita sekedar ‘copy’ dan ‘paste’, di masing-masing file itu akan terdapat perbedaan dalam informasi file ‘created’, ‘modified’, dan ‘accessed’ (lihat bagian yang ditandai kotak warna merah). Itu berarti file tidak dianggap ‘otentik’ lagi karena sudah ada perubahan/perbedaan dari kondisi awal.Di situlah letak keistimewaan IT forensik, dengan hardware atau software khusus, data yang diambil untuk dianalisa akan benar-benar otentik atau persis sama sesuai dengan aslinya. Lebih istimewa lagi, software IT forensik juga dapat memeriksa data atau file bahkan yang sudah terhapus sekalipun (biasanya pelaku korupsi atau fraud berupaya menghilangkan jejak kejahatannya dengan menghapus file-file tertentu).Beberapa vendor yang menyediakan teknologi IT forensik misalnya Paraben, Guidance (EnCase), GetData (Mount Image), dll.

Hal-hal apa saja yang mendukung penggunaan IT Forensik,jelaskan!Kepolisian, di bidang perkara Kedokteran dalam melakukan penelitian dan visum Bidang hukum dalam pencarian alat bukti dan materi dalam persidangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sebuah catatan kecil

"hidup berawal dari mimpi, karna, berawal dari mimpi kita dapat mengubah dunia kita, so don't stop get your dream "

Personalize Social Messages - Sciweavers